Wednesday, December 15, 2010

Hukum Peluang

Perkataan ini bagus banget, dan sudah dua kali saya sampaikan di depan kelas regular Bossfamily di kantor cabang Oriflame Rawamangun setiap hari Rabu malam di minggu kedua dan keempat tiap bulannya, ketika memberikan sharing motivasi bagi para member Bossfamily yang hadir di kelas tersebut.

Hukum peluang ini sebenarnya merupakan tulisan dari Jay de Terrorist yang dimuat di rubrik Inspirasi di Harian Semarang, Sabtu, 3 April 2010. Dan sekarang saya menulisnya di blog tanpa minta izin dahulu kepada yang bersangkutan... Semoga bisa dimaklumi yaa bang Jay...

Menurut sang penemu, yaitu bang Jay, hukum peluang itu berbunyi, "Besarnya peluang berbanding terbalik dengan jumlah syarat yang harus dipenuhi." Artinya, peluang untuk kita bisa mendapatkan sesuatu akan besar bilamana tidak ada syarat yang harus dipenuhi, dan peluang akan mengecil kalau ditambahkan syarat-syarat. Sehingga makin banyak tambahan syaratnya, maka semakin kecil peluang untuk bisa mendapatkannya.


Nah, bila hukum peluang itu kita coba aplikasikan ke dalam bisnis Oriflame dan kepada jaringan kita, maka akan banyak ditemukan contoh kasus yang sangat berhubungan dengan pernyataan tersebut . Misalnya, banyak diantara member Oriflame yang sebenarnya ingin mempunyai penghasilan Diamond, dapat mobil serta jalan-jalan ke luar negeri gratis, tetapi malas mengerjakannya bisnisnya. Dan memberikan banyak persyaratan untuk bisa mendapatkan peluang menjadi orang kaya. Ucapan yang paling sering keluar dari mereka adalah, "Aku mau ikutan Oriflame, tapi ngga mau datang training." Atau, "Saya mau punya uang jutaan, tapi tidak mau rekrut..." Ada juga yang bilang, " Mau banget sukses di Oriflame, tapi kalau ga belanja bagaimana?" Atau tidak mau tutup poin... Dan yang paling sering adalah malas atau malu untuk menyebarkan katalog.

Ucapan dan perkataan seperti itu dapat dikatakan sebagai syarat-syarat yang kita minta untuk mau menjalankan bisnis Oriflame ini. Padahal Oriflame adalah bisnis mudah, dan sebenarnya hanya diperlukan kemauan dari kita untuk bisa menjalaninya, lalu kemauan tadi diikuti dengan sebuah tindakan atau action, dan tentu harus bisa menyediakan waktu untuk melakukannya.

Oleh karenanya, banyak dari konsultan Oriflame yang sudah bergabung sekian tahun, tetapi di lihat dari pencapaian level masih jauh dari 21% atau Senior Manager, dan hanya berkutat di level konsultan saja. Bisa jadi karena sang member menetapkan banyak syarat sepeti yang disebutkan di atas.

Akhir kata, seperti perkataan dari Mahatma Gandhi, "Masa depan kita tergantung pada apa yang kita lakukan pada saat ini," maka cobalah untuk belajar menumbuhkan minat terhadap bisnis Oriflame yang sedang kita jalankan ini. Karena hanya di Oriflame kita bisa mewujudkan segala impian dan keinginan, yang mungkin kita tidak bisa mendapatkannya di tempat lain. Dan dengan bergabung bersama Bossfamily maka kita akan bisa lebih mudah mewujudkan itu semua. Salam sukses selalu!

No comments:

Post a Comment