Tuesday, February 8, 2011

Formula 1-3-5

Perkataan Formula 1-3-5 saya kutip dari pernyataan salah seorang motivator sekaligus inspirator handal, yang juga mempunyai sebuah buku fenomenal, yaitu Fight Like A Tiger Win Like A Champion, tiada lain adalah bapak Darmadi Darmawangsa M.Sc, C.Eng. di Seminar Dare To Dream yang diadakan oleh Bossfamily pada pertengahan bulan Juli 2010.

Yang dimaksudkan oleh Formula 1-3-5 adalah suatu bentuk arahan mengenai rencana masa depan yang akan diupayakan untuk bisa tercapai dengan melakukan beberapa langkah.

Langkah pertama adalah menentukan 1 (satu) Target yang kita harapkan untuk bisa segera mewujudkannya.

Target ini harus realistik serta memang sangat kita inginkan. Misalkan dengan bisnis yang sedang kita jalani sekarang maka kita bisa mempunyai Target dalam waktu 2 tahun ke depan harus sudah bisa berangkat haji bersama pasangan hidup atau keluarga. Atau satu tahun dari sekarang, harus sudah bisa mempunyai uang di tabungan sebesar Rp 100 juta. Bisa juga kita pasang target mengenai karir, titel, jabatan, posisi tertentu, dan lain-lain. Jangan lupa, bila kita menentukan target maka harus disebutkan kapan atau waktu untuk target tersebut bisa tercapai.

Setelah menetapkan apa Target yang paling kita inginkan tersebut, langkah selanjutnya adalah kita harus mempunyai 3 (tiga) alasan kuat mengapa Target tersebut wajib kita realisasikan. Ini berhubungan dengan masalah motivasi diri dan keinginan kuat supaya apa yang menjadi Target tersebut terus berada dalam koridor semangat positif kita.

Akhirnya, langkah terakhir yang harus kita kerjakan adalah menentukan 5 (lima) cara apa saja yang harus kita ambil atau kerjakan, supaya Target tersebut bisa terwujud.

Mengenai Target, ada baiknya kita mempunyai beberapa Target dengan pembagian waktu yang berbeda. Misalkan ada Target Jangka Panjang dan Target Jangka Pendek, dan untuk yang jangka panjang adalah segala impian serta keinginan kita untuk 5 tahun atau 10 tahun ke depan nantinya. Seperti kita berencana harus mempunyai uang di deposito atau tabungan sebesar Rp 1 Milyar untuk biaya anak sekolah. Sementara Target Jangka Pendek adalah bisa pergi liburan ke Las Vegas bersama keluarga di pertengahan tahun 2012. Buat semua Target tersebut, dan tanamkan dalam pikiran serta visualisasikan dengan memasang gambar atau foto dari semua impian serta keinginan kita tadi, lalu Action!

No comments:

Post a Comment