Wednesday, September 30, 2009

Pindah Ke Lain Hati


Tidak terasa sudah 4 bulan terakhir ini saya menjalani bisnis Oriflame bersama dengan Bossfamily. Dapat dikatakan kalau selama 4 bulan tersebut waktu dan perhatian saya hanya fokus dan tersita di dalam mengembangkan jaringan serta perekrutan member baru untuk Oriflame. Akibatnya pekerjaan utama saya sebagai commercial yang merangkap dengan sales & marketing menjadi terlantar. Tentunya tidak ada unsur kesengajaan di dalam menelantarkan pekerjaan saya itu, tetapi kembali kepada masalah fokus, dimana saya sekarang ini lebih antusias dan sedang giat2nya menjalankan usaha yang murah-meriah-menyenangkan-menghasilkan ini.

Contoh mulai tidak fokusnya saya di dalam menjalankan pekerjaan utama tersebut hingga terkesan mengabaikannya adalah:

01. Saya sejak empat bulan terakhir lebih sering berada di Oriflame Bulungan daripada berada di dalam ruang kerja perusahaan, hingga saya merasakan Oriflame Bulungan adalah bagaikan kantor sendiri.

02. Saya pernah tidak datang ke satu meeting penting dengan customer yang mana pertemuan tersebut sudah saya atur dan rencanakan sejak lama dikarenakan customer itu sangat susah untuk diajak ketemuan. Dan pada hari H-nya saya malah berada di Oriflame Bulungan mengurus orderan downline yang menitipkan pesanan kepada saya.

03. Ketika satu waktu customer minta untuk saya membawa katalog produk yang diageni oleh perusahaan dikarenakan besoknya mereka akan ada tender, dimana perusahaan tempat saya bekerja memberikan support produknya. Ternyata yang saya bawa adalah katalog Oriflame bukan katalog produk yang mereka minta sehingga saya kelabakan ketika ditanyakan soal spesifikasi dan data produk.

04. Saya lebih sering berada di milis Bossfamily dan cukup rajin memberikan comment via email daripada memantau web perusahaan dan menjawab email yang masuk.

05. Saya lebih sering bicara soal Oriflame daripada pekerjaan saya kepada orang2 ketika ada yang menanyakan pekerjaan saya apa.

06. Saya sekarang ini lebih senang pergi menemui prospekan daripada visiting customer, apalagi bila prosepekan tersebut closing... Luar Biasa sensasinya! Bila closing maka akan membayar semua rasa capai dan jauh/macet/susahnya perjalanan. Tapi kalaupun tidak closing tetap saja senang dikarenakan adanya jalinan silutarahmi, dan siapa tau nantinya akan tergerak menjadi member.

07. Bagi saya sekarang ini, tidak ada yang lebih menyenangkan daripada berjumpa dengan orang2 yang Luar Biasa yaitu para leader dan member dari Bossfamily, untuk kemudian mendengarkan testimoni perjuangan dan kesuksesan mereka serta bonus Rupiah yang mereka terima tentunya.

08. Saya lebih sering berhubungan dan memberikan informasi kepada para downline (tentang Oriflame tentunya) daripada menghubungi customer perusahaan dan mencari info tentang projek apa yang sedang mereka kerjakan.

09. Saya beberapa kali pernah memprospek Oriflame kepada customer saya, bahkan juga mengirimkan katalog Oriflame kepada para customer perusahaan tersebut, namun tidak pernah ada niatan untuk saya mempromosikan perusahaan tempat saya bekerja kepada member Oriflame yang lain.

10. Saya sering membicarakan Oriflame kepada istri tersayang untuk sama2 menyusun strategi supaya dapat meraih kesuksesan bersama. Sehingga saya lebih menikmati usaha baru saya ini bersama istri, daripada pekerjaan lama yang sekarang terasa semakin menjemukan.

Itulah beberapa gejala yang menurut saya telah menjadikan diri ini lebih berat untuk menjalankan pekerjaan lama yang sekarang masih dan sedang saya jalani. Inginnya memang hanya fokus di Oriflame saja, dimana dalam melakukan bisnis Oriflame ini saya bisa menjalaninya bersama-sama dengan istri terkasih. Semoga saya bisa tetap istiqamah di dalam menjalankan Oriflame bersama Bossfamily, dan makin meningkat prestasi atau karir serta bonusnya di dalam bisnis ini. Amiin.

6 comments:

  1. Ketika satu waktu customer minta untuk saya membawa katalog produk yang diageni oleh perusahaan dikarenakan besoknya mereka akan ada tender, dimana perusahaan tempat saya bekerja memberikan support produknya. Ternyata yang saya bawa adalah katalog Oriflame bukan katalog produk yang mereka minta sehingga saya kelabakan ketika ditanyakan soal spesifikasi dan data produk.

    wa ada yg lebih parah ..klo saya yg ada didalam tas kantor isinya FLYER n Katalog only..

    4 thumbs UP!!

    ReplyDelete
  2. mantab bgt pa..... izin promosi buat downline2ku pa.... thanks

    ReplyDelete
  3. @Milan: Begitu hebatnya pengaruh Oriflame hingga hampir bisa melupakan yg utama...

    @Nawang: Monggo... Silahkan, Insya Allah bermanfaat :)

    ReplyDelete
  4. repot kalo udah mendua gini ya..
    emang enaknya fokus satu aja..Oriflame..YES!!

    ReplyDelete
  5. Hai pak Eric salam kenal.
    Bagus tulisannya. malah kalau saya kerjain 3 ;>, Ibu RT (yg gak mungkin bisa diduakan),pekerja, dan ORIFLAME.
    Sebagai Ibu RT- tuh anaku yg PG aja udah hafal tulisan ORIFLAME, udah bs nawarin barang ke jg, LOL, apalagi yg gede , LOL
    Sebagai pekerja, so pastilah , sudah banyak yg kurekrut di tempat kerja.
    Main ke blogku ya, masih std bgt

    ReplyDelete
  6. @Mba Maya: Setuju banged...Nged... Cuma karena ini menyangkut masalah kebutuhan keluarga, dan kami baru mulai menapak "karir" di bisnis ini, jadi tetap harus double income dahulu. Mungkin kalau nanti Yonna sudah Senior Manager dan konsistensi, maka salah seorang dari kami akan fokus 100% menjalani Oriflame ini. Di doakan yaa :)

    @Deasy: Suatu hal yang Luar Biasa yaa, bisa menjalani ketiga hal tersebut secara bersamaan... Salut! :)

    ReplyDelete