Saturday, October 31, 2009

Tabungan Hari Tua

Ada satu buah doa pendek dari suri tauladan, panutan semua umat manusia yaitu Nabi Muhammad Shallallaahu 'Alaihi wa Sallam, yang diriwayatkan oleh ath-Thabaarani, "Allaahummaj'al awsa' rizqika 'inda kibari sinnii." Diartikan sebagai, "Ya Allah, jadikanlah rezki-Mu yang luas pada waktu aku telah lanjut usia."

Waktu saya masih kecil, sering kali ada selorohan atau candaan dari teman-teman yang bunyinya seperti ini, "kecil di manja, remaja foya-foya, dewasa orang kaya, tua banyak harta, meninggal masuk surga." Enak yaa hidup seperti itu, kayanya idaman semua manusia mempunyai kehidupan bagiakan kata-kata di dalam selorohan tersebut.

Pertanyaannya adalah apakah mungkin atau tidak selorohan tadi menjadi kenyataan? Jawaban dari saya adalah mungkin dan bisa terjadi. Bagaimana caranya? Kalau untuk saya pribadi dan tanpa ada maksud menyombongkan diri atau pamer, tetapi saya telah mengalami dua hal pertama dari candaan tadi yaitu waktu kecil di manja dan saat remaja foya-foya. Sekarang ini saya sedang berusaha meraih yang ketiga yakni di usia dewasa hidup kaya raya, serta yang keempat yaitu dikala usia tua memilik banyak harta. Dan semoga nanti di akhir hidup saya bisa menemukan kebahagiaan sejati yaitu dimasukkan ke dalam surga dengan ridha dari Allah 'Azza wa Jalla.

Terus dengan apa saya bisa meraih impian kehidupan yang kaya raya dan banyak harta nantinya? Untuk meraih kedua impian tadi dapat dikatakan kalau saya tidak bisa hanya mengandalkan gaji atau pendapatan dari pekerjaan yang sekarang ini. walau tetap pekerjaan yang sekarang ini adalah satu hal yang paling saya syukuri dikarenakan sesuai dan sejalan dengan keinginan saya sejak hampir tiga tahun lalu. Namun untuk meraih kekayaan finansial sekaligus financial feedom, saya lakukan dengan menjalani satu usaha yang merupakan perpaduan Direct Selling dan Multi Level Marketing, yaitu Oriflame.

Pertanyaan yang classic adalah, "Kok bisa jadi kaya dengan menjalankan Oriflame?" Bahkan ex-boss saya mengatakan kalau, "Oriflame it's not business, but it's a hobby." Artinya masih banyak pendapat di luar sana yang beranggapan kalau tidaklah mungkin bisa mendapatkan banyak uang dari Oriflame ini dikarenakan ini bukan bisnis melainkan hanya sambilan atau kerjaan iseng-iseng belaka. Itu bagi yang belum tau, atau bagi mereka yang memang menjalankan Oriflame hanya sebatas jualan atau sebagai penjual barang saja. Dimana untuk mereka sudah lumayan dapat komisi dari setiap penjualan barang sebesar 23% nett setelah dipotong pajak. Dan memang kalau itu niatnya, dipastikan bakal lama deh kayanya, secara cuma dapat puluhan ribu per transaksi.

Nah, Oriflame yang sekarang sedang kami kerjakan dan jalani ternyata berbeda, serta dapat dijadikan sebagai tabungan untuk masa depan dan hari tua kami nantinya. Dimana kami tidak memfokuskan diri sebagai penjual atau sales, melainkan yang kami kerjakan adalah menjalankan sistemnya atau bisnisnya. Jadi kami disini bertindak sebagai pelaku bisnis sekaligus BOSS bagi usaha kami ini, bukan sebagai penjual. Dan ternyata menjalankan sistem Oriflame ini tidak susah kok, dikarenakan sangat mudah untuk di duplikasi dan diaplikasikan oleh semua orang. Hingga di jaringan Oriflame kami yang bernama BOSSfamily, terdapat begitu banyak member atau konsultan yang masih berusia belasan tahun namun penghasilannya sudah sama dengan sarjana S1 atau S2, tanpa mereka harus menjadi penjual produk. Luar Biasa kaaan...

Salah satu pendorong kami untuk menjalani bisnis ini adalah melihat kehidupan salah seorang Diamond Oriflame yang bernama ibu Een dan pak Made, dimana mereka berdua sudah sepuh atau kalau istilah dalam dunia kerja sudah termasuk usia yang tidak produktif lagi. Pak Made sudah pensiun dari tempat kerjanya sejak dua tahun lalu, sementara ibu Een telah menjalani Oriflame dari tahun 1993 hingga sekarang di level Diamond Director. Namun yang membedakan mereka dengan para pensiunan lainnya adalah mereka di hari tuanya ini memiliki pendapatan berupa bonus yang di transfer setiap bulannya oleh Oriflame sebanyak puluhan juta rupiah, dan akan terus bertambah setiap bulannnya selama mereka masih tetap menjadi member. Kebayangkan betapa nyamannya hidup mereka di masa senjanya ini, di saat para pensiunan sedang sibuk menurunkan gaya hidup mereka setelah tidak bekerja lagi, atau bahkan kemudian menggantungkan hidup kepada anak-anak mereka, namun pasangan ibu Een-pak Made malah memiliki penghasilan tanpa batas, dengan masih bisa pergi ke luar negeri dua kali dalam setahun tanpa harus mengeluarkan uang alias gratis lantaran dibayari oleh Oriflame, menginap di hotel berbintang lima, plus mendapatkan mobil mewah seperti Honda CRV tanpa harus beli melainkan diberikan oleh Oriflame dengan status sebagai pemilik, belum lagi undangan untuk menginap di hotel mewah selama ada acara-acara besar Oriflame... Waaaah...pokoknya menyenangkan sekali. Dan itulah yang kami inginkan, yaitu di saat tua nanti tetapi masih punya banyak uang dan tidak menyusahkan siapapun. It's a Diamond life.

Alhamdulillah kami juga mendapatkan dukungan moril dari jaringan BOSSfamily sebagai wadah kami di Oriflame ini, tempat dimana kami mendapatkan "pencerahan" akan hal-hal yang berkaitan dengan apa dan bagimana menjalankan sistem Oriflame secara benar supaya bisa meraih kebebasan finansial dalam waktu singkat. Dan dengan rasa kekeluargaan yang begitu kompak, dimana tidak ada yang namanya menyembunyikan ilmu antara sesama BOSSfamily, membuat setiap anggota BOSSfamily mempunyai kesempatan yang sama untuk dapat maju dan berkembang di bisnis ini. Sukses untuk BOSSfamily!


Yonna dengan beberapa BOSS Family di acara buka puasa bersama, Urban Kitchen-Senayan City (09-09-2009)

Akhir kata, dengan merujuk kepada do'a dari Nabi Muhammad Shallallaahu 'Alaihi wa Sallam di awal tulisan ini, maka marilah kita sama-sama meminta dan memohon kepada Allah Rabbul'aalamiin sekiranya Allah menitipkan usia yang panjang kepada kita, maka di dalam kita menjalani kehidupan tersebut nantinya dalam keadaan yang tidak kekurangan, baik lahir ataupun batin. Amiin yaa Rabb.

No comments:

Post a Comment