Wednesday, June 15, 2011

Oriflame is My Passion

Saya mengutip tulisan dari salah satu trainer sekaligus inspirator luar biasa di Indonesia, yaitu bapak Jamil Azzaini, yang menulis, "Banyak orang yang bekerja demi uang. Mereka berpikir uang adalah segalanya. Atau ada yang mengatakan memang uang bukan segalanya tetapi segalanya perlu uang. Pandangan-pandangan seperti ini menyesatkan. Banyak hal yang bisa kita lakukan tanpa uang, misalnya tersenyum, tertawa, bertamu ke tetangga, berbagi ilmu, beribadah, memberi perhatian pada orang lain yang kita cintai dan lain-lain. Saya sudah bertemu ribuan orang. Banyak orang yang awalnya mengejar uang, akhirnya menyesal karena ternyata anaknya terkena narkoba, hubungan mereka dengan orang-orang yang dicintainya begitu jauh. Mereka punya uang tetapi tidak punya waktu untuk orang-orang yang dicintai, bahkan mereka tidak punya waktu untuk Tuhannya. Oleh karena itu, saya menganjurkan, berhentilah bekerja untuk uang!"

Kemudian pak Jamil Azzaini menulis kembali, "Anda mungkin akan bertanya, "Tapi faktanya kita perlu uang, terus apa yang harus kita lakukan?" Jawaban saya, "Pertama, usahakan agar uang bekerja untuk Anda. Kedua, bekerjalah untuk menjalankan kesenangan atau hobi Anda, bekerja bukan karena kewajiban." Apa yang bisa kita lakukan agar uang mengejar kita? Banyak! Misalnya, kembangkan bisnis secara franchise, berbisnis dimana Anda tidak perlu hadir tiap saat dan lain-lain. Bagaimana praktik yang kedua, bekerja bukan karena kewajiban tetapi menjalankan kesenangan atau hobi? Syarat utama agar Anda termasuk yang ini, Anda harus menemukan passion Anda. Bekerja sesuai passion pada hakekatnyan tidak bekerja tetapi menjalankan kesenangan."

Di dalam tulisannya yang lain, pak Jamil Azzaini menjelaskan tentang passion, dimana menurut beliau, "Passion adalah ketika pikiran dan perasaan Anda menyatu dalam suatu gairah yang menggelora ketika beraktivitas dimana Anda sangat menikmati aktivitas itu serta puas bila bisa melakukannya dengan baik. Selain itu, Anda bersedia melakukan pekerjaan itu hingga melewati jam kantor bahkan sewaktu-waktu Anda rela tidak dibayar melakukannya. Andapun rela terus menerus belajar dan terus meningkatkan ilmu dan ketrampilan di bidang itu, baka menggunakan uang Anda sendiri. Atau bila disederhanakan, passion itu adalah perpaduan antara bakat, hobi, minat, gairah terhadap suatu aktivitas. Bila passion itu digabungkan dengan action maka akan menghasilkan 4-ta (harta, tahta, kata, cinta) yang terus menerus semakin tinggi. Mengapa? Karena orang tersebut melakukan aktivitas itu sengan penuh gairah, cinta dan antusiasme yang luar biasa. Ia akan bekerja lebih keras dibandingkan yang lain. Ia rela mengorbankan waktu, tenaga, uang bahkan terkadang jiwanya untuk melakukan sesuatu yang sesuai passionnya. Action yang didasari oleh passion akan menjadikan hidup Anda semakin bahagia. Anda akan semakin hanyut dengan pekerjaan itu. Anda akan semakin menikmati pekerjaan itu. Hidup Anda tidak hanya sekedar bertahan hidup. Tetapi hidup Anda terus bertumbuh."

"Action yang didasari oleh passion akan menjadikan hidup Anda semakin bahagia." Perkataan pak Jamil Azzaini tersebut sangat benar sekali, dikarenakan itu yang saya jalani, alami dan rasakan bersama dengan Oriflame di dua terakhir hidup saya ini. Bahkan dapat dikatakan kalau Oriflame itu sudah seperti keluarga bagi saya. Maksudnya, dimana saja dan kapan saja, saya pasti akan membicarakan Oriflame, sama seperti saya membicarakan tentang kelucuan dari anak-anak saya, atau kecintaan saya terhadap istri saya tersayang. Tiada hari tanpa saya tidak membicarakan bisnis Luar Biasa ini. Pasti, selalu dan always!

Bulan lalu saya menuliskan di blog ini tentang kecintaan saya terhadap bisnis ini: Oriflame, I Love What I Do, I Do What I Love... Dan juga di bulan September 2009 saya menulis tentang betapa passion saya adalah Oriflame: Pindah Ke Lain Hati. Jadi intinya, bagi saya Oriflame ini adalah bisnis Luar Biasa yang tidak saya jalankan hanya sebagai hobi, melainkan memang merupakan salah satu passion di dalam saya menjalani hidup.

Alhamdulillah, passion saya ini juga menjadi passion bagi istri saya tersayang, Yonna Kairupan. Sehingga kami berdua really enjoy banget menjalaninya. Dan untungnya lagi, di Oriflame Indonesia kami bergabung dalam sebuah club yang Luar Biasa berisikan orang-orang positif penuh passion di dalam menjalankan bisnis ini, yaitu Bossfamily. So, Oriflame is my passion! Salam sukses selalu!

No comments:

Post a Comment